|

Tips Saat Memarkir Mobil Anda

Tips Saat Memarkir Mobil Anda

Kondisi mobil saat parkir sangat penting, sebab dalam kondisi parkir inilah kita tidak melihat mobil sama sekali walaupun sudah dipasang alarm yang meminimalkan terjadinya pencurian.
Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga keselamatan kendaraan kita saat parkir:

1. Jaga jarak yang aman antar mobil, atur posisi mobil di tengah jalur/garis parkir. Pastikan garis batas di permukaan jalan yang telah ditandai sebagai garis jarak antar mobil yang satu dengan yang lainnya. Apabila tidak ada, atur jarak aman antar kendaran di samping dengan mengambil patokan posisi bukaan pintu samping. Intinya sediakan ruang yang cukup di sekeliling mobil sebelah kiri/kanan dan depan/belakang mobil agar ketika mobil lain membuka pintu tidak bertabrakan dan penumpang mobil dapat turun dengan leluasa.

2. Jika parkir di tempat yang sempit maka kaca spion sebaiknya dilipat supaya mobil tidak bersinggungan dengan mobil lain yang lewat.

3. Lebih bagus bila ujung pintu dipasang pelindung, agar pintu tidak lecet jika sedikit berbenturan dengan mobil lain saat parkir.

4. Jika parkir di jalan terbuka pada siang hari, jangan parkir di dekat bahan yang mudah terbakar, sebab apabila sistem pembuangan panas dan pengapian mobil menyentuh panas tinggi maka bisa fatal akibatnya.

5. Jika parkir di basement, perhatikan dan ingatlah lokasi kendaraan. Biasanya parkir di basement dilengkapi dengan tanda dan nomor lokasi untuk memudahkan mengingat lokasi mobil atau bisa juga diperhatikan tanda-tanda lain yang mudah diingat di sekitar mobil parkir.

6. Cek semua pintu mobil apakah sudah terkunci dengan baik walaupun mobil dilengkapi dengan remote control dan alarm belum tentu semuanya dapat terkunci dengan baik. Tidak ada salahnya mengecek satu per satu.

7. Biasakan mengunci pintu mobil dari luar, hal ini dapat menghindarkan dari peristiwa tertinggalnya kunci di dalam mobil.

8. Pastikan mematikan lampu-lampu kecil mobil Anda, jika lupa mematikan perangkat-perangkat yang menyedot supply listrik maka kemungkinan besar aki mobil akan tidak kuat untuk men-starter mobil.

9. Dalam buku petunjuk pengoperasian disarankan memakai handbrake (rem tangan). Tetapi cara ini tidak disarankan bila mobil berhenti dalam jangka waktu lama (beberapa hari diam karena ditinggal pergi jauh/keluar kota) karena mekanisme kawat dan per atau kampas rem sering lengket karena perubahan cuaca, kelembaban, hujan, dan lain-lain. Memakai handbrake kadang tidak aman, terutama di turunan, kadang melorot karena handbrake lama tidak diservis atau distel ulang.

10. Ketika parkir bisa juga di rem memakai ganjal ban atau masukan gigi satu atau mundur, namun jangan lupa ketika menghidupkan mobil maka harus cek persneling atau injak kopling agar mobil tidak langsung jalan.

11. Jika posisi parkir mundur, maka perhatikan kaca spion terlebih dulu hingga posisi mobil lurus. Kemudian tengoklah ke belakang untuk mengantisipasi jarak.

12. Usahakan parkir mobil di tempat yang terang dan terlihat/tidak tertutup untuk meminimalisir kemungkinan terjadi pencurian.

13. Jangan meninggalkan barang-barang berharga di mobil ketika parkir, bisa mengundang niat pencurian.

14. Ketika hendak masuk kendaraan, pastikan di jok belakang tidak ada orang lain yang berniat jahat.

15. Saat mengeluarkan mobil mobil dari tempat parkir, hidupkan terlebih dulu lampu sein sesuai arah yang akan kita ambil agar kendaraan lain dapat melihat arah jalan kita dan menyesuaikan jalurnya.

16. Bagi pengguna mobil transmisi otomatis, pastikan betul posisi gear sebelum menekan pedal gas agar tidak salah maju atau mundur.

hati hati kalo parkir ya, ntar mobilnya ndak lecet, hehehe

Baca Artikel Lainnya :



Posted by Hengky on 20.18. Category , , . You Feel free edetik.com.

0 komentar for "Tips Saat Memarkir Mobil Anda"

Leave a reply

Berita unik

10 Paling Menghebohkan :

Komentar Anda :